Jumat, 03 April 2020

Travelling atau berwisata bisa banget dijadiin opsi yang bisa kamu gunakan untuk melepas segala penat dan rasa lelah setelah melakukan rutinitas sehari-hari. Kamu bisa melakukan wisata bersama keluarga, pacar, gebetan, maupun temen-temen di sela-sela cuti atau hari libur kamu.


Sebelum kamu berwisata, kamu harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Hal ini agar kamu ga kewalahan selama perjalanan. Selain itu, kamu akan merasa tenang jika kamu sudah mempersiapkan segala hal dengan matang sebelum travelling dimulai. Gamau kan keabisan duit di tengah liburan, ehh ujung-ujungnya minta di transferin om mama.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum traveling?

Mencari Tempat Destinasi Wisata yang Ingin Kamu Kunjungi

Persiapan travelling yang pertama adalah menentukan destinasi wisata. Sebelum bepergian, ada baiknya kamu menentukan destinasi wisatanya terlebih dahulu. Kamu bisa berembug atau mendiskusikan dengan keluarga, kerabat, atau sahabat yang ingin kamu ajak berwisata. Berembug ingett, bukan ngegosip. 

Ada banyak sumber yang bisa dijadikan referensi dalam mencari destinasi wisata. Kamu bisa mencari referensi melalui internet atau tempat-tempat wisata yang diketahui atau pernah dikunjungi oleh teman-teman kamu. Kamu juga bisa mencari lewat tempat-tempat wisata yang sudah kamu ketahui.


Pastikan Memiliki Budget yang Cukup

Persiapan travelling yang kedua adalah memastikan budget cukup. Budget adalah sejumlah uang dan barang yang mampu kamu keluarkan untuk suatu hal. Dalam hal ini berarti untuk berwisata. Pastikan kamu memiliki segenap uang yang cukup untuk membayar dan membeli segala keperluan di tempat wisata, seperti tiket dan lain sebagainya.

Untuk memperkirakan jumlah uang yang harus dikeluarkan, kamu bisa mencari referensi di internet atau tempat lain. Carilah harga tiket di tempat kamu akan berwisata. Selain itu, cari harga lain yang ada di sekitarnya. Setelah itu, siapkan sejumlah uang yang sekiranya dibutuhkan selama berwisata. Kamu juga bisa melebihkannya untuk jaga-jaga.

Mencari Transportasi

Persiapan travelling selanjutnya adalah mencari transportasi yang tepat. Jika kamu memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakannya untuk melakukan perjalanan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum, seperti kereta, bis, dan lain sebagainya. 

Selain menggunakan transportasi umum, kamu juga bisa menggunakam jasa agen travel. Kelebihan menggunakan agen ini adalah kamu bisa memilih paket-paket wisata yang sudah disediakan oleh pihak agen. Paket wisata yang ditawarkan juga beragam, mulai dari yang murah sampai paket komplit dengan harga yang lumayan besar.

Bawa Barang Secukupnya

Hal yang paling penting dalam persiapan travelling adalah packing atau menyiapkan barang-barang yang akan dibawa. Agar tidak menyusahkan nantinya, ada baiknya kemas barang seperlunya saja. Tidak perlu terlalu banyak dan membawa barang-barang yang kurang berguna. Selain itu, gunakanlah tas atau koper yang mudah dibawa. 


Kenapa kita harus melakukan persiapan seperti yang disebutkan di atas? Setiap poin di atas akan sangat membantu kamu selama melakukan perjalanan wisata. Jika kamu mempersiapkannya dengan baik, kamu tidak akan kesusahan dan akan semakin menikmati wisata yang ada. 

Tetapi, satu hal yang paling penting dalam persiapan travelling adalah memastikan keadaan rumah baik-baik saja. Sebelum berangkat, pastikan kompor sudah dimatikan, cabut listrik yang berpotensi konslet, tutup jendela, dan tutup juga pintu dengan rapat. Hal ini akan sangat berguna untuk mengurangi resiko kemalingan ataupun musibah yang bisa menimpa rumah kamu.

Itulah beberapa poin persiapan travelling yang harus kamu lakukan. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi selama berwisata.

Minggu, 29 Maret 2020


Indonesia adalah negara dengan sejuta keindahan alam yang luar biasa. Aku yakin kamu bakal setuju dengan peryataan barusan. Yaaa khann? Keindahan ini tersebar ke seluruh penjuru negara, mulai dari Sabang sampai Merauke. Karena keindahan alam ini, Indonesia semakin sering dikunjungi oleh para traveller yang mencari spot-spot pemandangan terindah di dunia.

Pict : Gunung Bromo

Ada banyak tempat wisata alam yang bisa dikunjungi di Indonesia, salah satu yang paling terkenal adalah objek wisata alam Gunung Bromo. Udah banyak banget yang mengetahui bahwa Gunung Bromo adalah salah satu gunung api yang masih aktif di Indonesia sampe saat ini. Tetapi karena masih aktif inilah yang membuat banyak orang penasaran dan mulai mengunjungi Bromo.

Gunung yang memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan laut ini di kelilingi oleh awan-awan yang mengelilingi gunung. Dari atap penanjakan objek wisata Gunung Bromo ini kamu juga bisa melihat keindahan Gunung Semeru dan terbitnya matahari dari ufuk timur. Sebagai orang yang suka banget cekrak-cekrek, tentu kesempatan ini sangat perlu diabadikan sebagai koleksi galeri dan sosial media karena di waktu ini kamu akan disajikan dengan pemandangan eksotis yang sangat instagramable. Kalo istilah jaman now mah rugi wehh kalo ga poto :v

Tidak hanya pemandangan alamnya. Kawasan Bromo juga memiliki budaya lain yang akan melengkapi wisata kamu. Salah satu budaya yang terkenal adalah budaya Yadnya Kasada. Yadnya Kasada adalah festival tahunan yang berisi persembahan yang dibuang ke Kawah Bromo sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Jika kamu ingin mengunjungi kawasan wisata Gunung Bromo ini, maka kamu wajib melakukan penanjakan atau pendakian. Biasanya pendakian ini akan dimulai sekitar pukul 03.00 dini hari untuk mengejar indahnya sunrise atau terbitnya matahari yang sangat indah. Pada saat matahari terbit inilah waktu yang cocok untuk melakukan fotografi maupun videografi.

Jika kamu berpikir wisata alam di dataran tinggi hanya pendakian, maka kamu perlu mencoba ke kawasan Bromo ini. Di kawasan ini kamu akan menemukan banyak hal lain selain pendakian Gunung Bromo. Apa saja hal lain yang ada di kawasan Gunung Bromo? Berikut beberapa poin tentang wisata lain yang ada di Bromo, Jawa Timur.


Bukit Teletubbies

Jika kamu pernah menonton serial anak Teletubbies, tentu kamu akan teringat dengan bukit hijaunya yang khas. Bukit ini bisa kamu temukan di kawasan wisata Gunung Bromo. Bukit-bukit ini ternyata bisa kamu temukan di Bromo, lho. Di sini kamu akan menemukan banyak bukit dengan rumput hijau mempesona yang bisa dijadikan sebagai spot foto kamu.

Pict : Bukit Teletubbies

Gurun Pasir

Di daerah Bromo juga terdapat gurun pasir yang menjadi salah satu tempat favorit pengunjung. Gurun ini dinamakan dengan Pasir Berbisik. Kawasan ini dipenuhi oleh pasir-pasir yang sangat luas. Bahkan gurun ini pernah menjadi latar dari film Pasir Berbisik yang membuat kawasan ini menjadi sangat terkenal.

Ada satu hal menarik yang ada di gurun ini, yaitu ada sebuah tempat yang digunakan untuk ibadah atau sembayang Suku Tengger. Suku Tengger sendiri adalah suku asli di Jawa Timur yang mendiami kawasan wisata Gunung Bromo. Suku inilah yang mengadakan acara tahunan festival Yadnya Kasada.

Pict : Pasir Berbisik

Dari penjelasan di atas tentu kawasan Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Yaa khaan? Hehehe. Untuk tiket masuk sendiri, kamu hanya perlu membayar Rp.29.000 saja di hari biasa dan Rp.39.000 di hari libur. Di sini kamu juga bisa menyewa beberapa kendaraan, seperti kuda, sepeda, dan jeep dengan kisaran harga Rp.1.500 sampai Rp.10.000 per tiketnya.

Sooo itulah penjelasan singkat aku mengenai kawasan wisata Gunung Bromo yang sudah terkenal di masyarakat lokal dan mancanegara. Jika kamu ke sini pastikan kamu membawa syal, jaket, dan masker karena tempat ini dingin bangett dan berisi pasir yang bisa saja membuat kamu tersedak maupun sesak napas. Selamat berwisata, gaesss!! 

Minggu, 08 Maret 2020

Guys, siapa disini yang hidupnya dipenuhi segudang cita-cita? Menjadi dokter? Polisi? Atau seperti kids jaman now yang kalo ditanya cita-citanya justru akan jawab "youtuber"? Hihihi semakin meluas aja ya cita-cita anak jaman now, dan sebenernya ga ada yang salah lohh. Justru yang harusnya jadi tanda tanya besar adalah saat orang sama sekali ga punya cita-cita. 

Ngomongin cita-cita, sempat kepikiran ga sih guys sama keluarga ke depannya mau gimana? Apakah cita-cita kita bisa menjembatani harapan kita terhadap keluarga. Kalo aku sih kepengen banget ngajak keluarga ke tanah suci, dan pengen banget mereka ga kerja lagi, karena aku ga tega ngeliat mereka masih harus banting tulang di hari tuanya.


Sebagai anak jujur aja suka kepikiran nanti orangtua aku gimana? Hari tuanya apa akan sehat-sehat terus sehingga bisa merasakan langsung keberhasilan anaknya? Kalo misalnya sakit-sakitan gimana? Apalagi sekarang aja ibu dan ayah udah sering ngeluh sakit. Sebagai anak kok rasanya sedih ya...

Hal inilah yang akhirnya membuat aku mencari tahu tentang asuransi. Inget banget pas pertama-tama kerja aku akhirnya mutusin untuk membuka polis kesehatan di Prudential sebagai bentuk peduli aku terhadap kesehatan. Aku ga mau keluargaku sedih dan pusing dengan pengobatan ketika aku sakit.

Nah beberapa hari yang lalu aku menghadiri event di FX Sudirman dan mendapatkan ilmu baru tentang pentingnya asuransi jiwa, terlebih asuransi jiwa berbasis syariah, asuransi yang menyadarkanku bahwa bentuk cinta itu tidak hanya kita lakukan selagi kita masih hidup, tetapi bisa menjadi bukti peduli dan cinta kita sekalipun kita pergi lebih dahulu meninggalkan orang-orang terkasih. 

Seperti biasa, ilmu-ilmu yang aku dapatkan bakal kurang afdol kalo misalnya aku telan sendirian, jadi aku akan ulas di blog kali ini. Mengingat saat ini kesadaran masyarakat mengenai perlindungan jiwa masih rendah. Terbukti dengan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang menunjukkan bahwa pada 2019, tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai 1,2% dibandingkan dengan total Produk Domestik Bruto (PDB). Angka ini masih tertinggal dari negara-negara lainnya seperti Korea Selatan (8,4%), Jepang (6,2%), dan Tiongkok (2,8%).



PRUCinta, Asuransi Jiwa Berbasis Syariah by Prudential

Jadi guys, dilandasi oleh kebutuhan keluarga Indonesia dalam mengelola kesejahteraan mereka, pada 03 Maret 2020 Prudential meluncurkan Asuransi Syariah PRUCinta. PRUCinta inu membawa sejumlah keunggulan seperti santunan meninggal yang lebih optimal, kehadiran PRUCinta menegaskan komitmen kuat Prudential Indonesia selama hampir 25 tahun dalam mendengarkan, memahami dan mewujudkan berbagai kebutuhan perlindungan nasabah dan masyarakat Indonesia, baik yang berbasis konvensional maupun syariah. 

Mengikuti tren permintaan atas produk keuangan berbasis syariah yang terus meningkat, Prudential Indonesia memperluas portofolio perlindungan berbasis syariah untuk semua (sharia for all) dengan menghadirkan Asuransi Syariah PRUCinta. Solusi terbaru ini adalah bentuk warisan cinta nasabah terhadap orang-orang terkasih karena hanya cinta yang dapat hidup selamanya. 


Pentingnya Membuka Polis Asuransi Syariah PRUCinta

Menurut OJK, masyarakat Indonesia yang memiliki tujuan keuangan fokus semata-mata untuk memenuhi kebutuhan harian mereka, dan hanya 1,5% yang mempersiapkan dana darurat. Tentunya hal ini sangat berisiko untuk keberlangsungan keluarga. Karena jika terjadi sesuatu yang mendesak, seperti musibah kehilangan sumber pendapatan utama, maka jangka waktu ketahanan keuangan mereka relatif lemah. Hampir tiga dari empat orang (72,1%) mengakui hanya mampu bertahan kurang dari tiga bulan, bahkan sebagian diantaranya tidak lebih dari satu bulan. 

Seperti yang udah aku bilang tadi tentang kesadaran masyarakat yang rendah. PRUCinta lahir di tengah minimnya pemahaman pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia, khususnya pada produk-produk asuransi syariah. Faktanya, indeks literasi asuransi syariah hanya 2,51% dan inklusi asuransi hanya 1,92%. Selain itu, berdasarkan data AAJI kuartak tiga, tercatat ada 17,8 juta peserta asuransi jiwa individu, namun hanya 1,3 juta orang yang memiliki polis syariah. Padahal asuransi jiwa merupakan instrumen investasi penting ubtuk mengantisipasi risiko meninggalnya sumber pendapatan utama keluarga yang dapat terjadi kapan saja serta dapat memengaruhi kesejahteraan keluarga.

Berbagai pakar finansial menyarankan bahwa tiap keluarga perlu menyiapkan dana darurat untuk kondisi mendesak dan tak terduga, seperti meninggalnya sumber penghasilan utama. Dana ini harus dengan mudah dicairkan dan mencakup minimal total pendapatan rumah tangga selama satu tahun.

Demi melindungi ketahanan keuangan keluarga yang ditinggalkan, PRUCinta memberikan manfaat sebagai berikut :
  1. Manfaat santunan meninggal dunia dari Dana Tabarru yang lebih optimal selama 20 tahun dengan pembayaran kontribusi selama 10 tahun.
  2. Manfaat jatuh tempo berupa nilai tunai dari Dana Nilai Tunai yang dimaksimalkan setara 100% kontribusi yang telah dibayarkan jika tidak ada klaim selama masa kepesertaan.
  3. Manfaat 3x santunan asuransi meninggal akibat kecelakaan dan 4x santunan asuransi meninggal dari Dana Tabarru dalam periode enam minggu sejak tanggal 1 Ramadhan yang ditetapkan oleh pemerintah sesuai ketentuan polis. 


Cinta Hidup Selamanya, Kita Tidak

Pastinya kita memiliki orang-orang yang sangat kita sayangi. Kita akan melakukan segala cara demi membuat orang-orang yang kita sayangi hidup bahagia, termasuk di bidang finansialnya. Tapi apakah terfikir oleh kita, bagaimana jika kita terlebih dulu meninggalkan mereka untuk selama-lamanya? Terlebih jika kita selama ini menjadintulang punggung keluarga. Bagaimana kehidupan mereka setelah kepergian kita. 

Itulah pentingnya untuk mempersiapkan secara maksimal demi kesejahteraan hidup orang-orang terkasih. PRUCinta bisa menjadi salah satu media atas perasaan cinta kita kepada mereka dengan memberikan perlindungan yang besar dan nyata. 


Minggu, 01 Maret 2020

Siapa yang kalo musim hujan mutusin untuk enggak ke gunung karena ga mau kena badai hujan di gunung yang semakin besar berpeluang terkena hypotermia? Atau males sama jalurnya yang becek dan licin? Hahaha kalo aku sih dua-duanya. Aku kalo abis hujan-hujanan di gunung dimana pakaian basah kering di badan, besok-besoknya badan langsung demam. Udah lemah banget aku tuh sekarang, udah gampang sakit, intinya udah ga sekuat dulu huhuhu.

Jangankan di gunung yang emang fisik akan diporsir lebih keras dari biasanya, di kota aja kalo kena ujan bakal langsung gejala demam. Hemmm padahal kalo diinget-inget beberapa tahun belakang fisik enggak selemah ini. Dulu mah mau kena hujan-panas-hujan-panas badan tetap fit-fit aja. Sekarang mah boro-borooo. Makin bertambah tua kali yaaa hahaha.

Btw sekarang aliran (jiah aliran :v) udah mulai bergeser sih emang. Kalo dulu seneng main di jalan, sekarang udah males panas-panasan. Dulu ke gunung sebulan 4 kali, sekarang 2 bulan sekali naik gunung aja udah syukur. Dulu seneng ngumpul sama temen-temen sampe malam, sekarang udah males keluar rumah kalo ga ada perlunya.

Bukan hanya tentang hobi dan rutinitas yang beralih, tapi hal-hal yang berbau kesehatan juga. Kalo dulu biasanya konsultasi kesehatan mesti langsung datang ke rumah sakit, sekarang cukup pake aplikasi Pulse aja. Pokoknya ada gejala sakit dikit aja aku langsung cek di Pulse.


Pulse Itu Apa? 

Buat yang penasaran kok aku dikit-dikit ngandalin Pulse, dikit-dikit buka Pulse, aku kasih tau deh ke kamu sebenernya Pulse itu aplikasi apa.

Jadiii, Pulse itu aplikasi besutan Prudential yang menawarkan pengelolaan kesehatan holistik kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan di mana saja, seraya meningkatkan kualitas hidup.

Platform ini merupakan platform terpadu pertama dari jenisnya di Asia, yang fokus awalnya adalah pada layanan kesehatan, termasuk juga layanan kesehatan di Indonesia. Pulse melengkapi program pemerintah Indonesia dalam hal memperluas akses ke layanan kesehatan yang terjangkau, serta meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pola hidup sehat.

Aku suka banget ngandalin Pulse karena aplikasi ini membantu aku banget untuk menjalani hidup yang lebih sehat dan lebih baik. Pulse menempatkan manajemen kesehatan yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) serta informasi real-time di tangan penggunanya.

"Seiring perjalanan kami sepanjang 25 tahun di Indonesia, kami senantiasa mendengarkan dan memahami kebutuhan nasabah, seraya mewujudkan janji kami untuk membantu mereka bertumbuh di dalam kehidupan. Sebagai bagian dari fokus “We Do Technology” Pulse memperkuat komitmen jangka panjang kami untuk membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan hidupnya yang terus berkembang di era digital dan serba terhubung ini." Ujar President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch.

Kemudian beliau melanjutkan "Pulse adalah wujud komitmen untuk berfokus pada nasabah, guna menyediakan layanan dengan pengalaman yang lebih baik dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan para nasabah kami."


Selain itu, Ibu dr. Dian Budiani, selaku Chief Operations Officer, Prudential Indonesia juga mengatakan “Pulse memungkinkan kami untuk memberikan informasi kesehatan terkini serta solusi perlindungan kesehatan, sambil mengembangkan peran aktif kami sebagai mitra masyarakat untuk membantu mereka mencapai kualitas kesehatan yang lebih baik secara menyeluruh. Pulse akan terus dikembangkan untuk memberikan layanan yang lebih inovatif serta disesuaikan dengan perubahan kebutuhan masyarakat Indonesia”.

Kenapa Harus Pulse?

Pasti kalian bertanya-tanya dari sekian banyak aplikasi kesehatan, kenapa aku mutusin menggunakan aplikasi Pulse? Jadi ini karena ada beberapa keunggulan yang cocok banget sama kebutuhan aku dan aku suka banget.

1. Healthy Check
Di fitur yang didukung oleh Babylon ini kita bisa mendapatkan tips kesehatan dengan melakukan cek kesehatan. Nantinya kita akan diberikan beberapa pertanyaan seputar kesehata  kita, dimana bisa menilai status kesehatan kita, baik itu gaya hidup, kesehatan mental, kesehatan organ, dan resiko penyakit di masa depan.

2. Periksa Gejala Penyakit
Fitur ini juga didukung oleh Babylon, dimana fitur ini memiliki layanan berbasis obrolan/chat yang menganalisis input awal pengguna dan menanyakan beberapa pertanyaan kepada pengguna, sehingga pengguna dapat memahami gejala penyakit.

Layanan ini juga akan memandu pengguna menuju pelayanan kesehatan yang sesuai, berdasarkan gejala penyakitnya dan menawarkan informasi lebih lanjut tentang penyebabnya.

3. Bicara dengan Dokter
Berbeda dengan fitur di point 1 dan 2, fitur bicara dengan dokter ini didukung oleh Halodoc. Pada fitur ini kita bisa langsung berkonsultasi dengan dokter umum maupun dokter spesialis sesuai dengan pilihan mereka.

Yang aku suka banget dari fitur ini adalah adanya layanan konsultasi kesehatan melalui chat dan video call dengan dokternya. Enaknya lagi fitur ini menggratiskan layanan konsultasi dengan dokternya. Keren banget kannn? FYI ini juga salah satu alasan kuat aku sampe akhirnya menjadikan aplikasi Pulse ini sebagai aplikasi kesehatan favorit.

4. Riwayat Konsultasi
Fitur Riwayat Konsultasi ini juga didukung oleh Halodoc, dimana di fitur ini kita bisa mengakses fitur ini untuk menemukan riwayat konsultasi yang merupakan hasil dari percakapan dengan dokter di aplikasi Pulse. Kita juga bisa menemukan dokumen pendukung seperti: catatan dokter, rekomendasi obat, dan rujukan dokter.

Oiya di fitur ini juga ada layanan PRUServices untuk pengguna  Pulse yang juga merupakan pemegang polis asuransi Prudential. Wagilasih Prudential keren bangettt.



So itu dia 4 fitur dari Pulse yang aku suka banget. Sebelum masuk ke Indonesia, Pulse ini pertama kali diluncurkan di Malaysia pada Agustus 2019 dan akan diluncurkan di Indonesia pada Maret 2020 ini.

Oiya walaupun Pulse ini besutan dari Prudential, pengguna polis selain Prudential juga bisa menggunakan aplikasi Pulse kokk. Jadi kalian ga usah ragu. Yuk #SehatBarengPulse dengan mendownload aplikasi Pulse by Prudential ini disini.

By the way untuk  yang udah cobain aplikasi Pulse ini ditunggu sharingnya yaaa 😊

Kamis, 02 Januari 2020

Di sela-sela kesibukan, liburan dengan city tour, camping, atau mendaki gunung adalah metode refreshing yang biasa aku lakukan. Jika cuaca sedang musim hujan aku biasanya lebih suka city tour atau camping di camp ground yang ada di sekitaran Bogor. Tetapi jika cuaca sedang bagus, aku memilih mendaki gunung bersama teman-temanku.

Saat liburan, aku lebih suka membawa carrier dibanding tas jinjing atau koper karena lebih ringkas, semua perlengkapan ada di dalam 1 tas besar. Tetapi memang ada kekhawatiran terhadap beban yang berat tersebut, apakah berbahaya untuk punggungku dan mempengaruhi struktur tulang belakangku nantinya atau tidak.


Nah senangnya beberapa hari yang lalu aku menghadiri Gathering Blogger & Vlogger yang membahas tentang Nyeri Tulang Belakang di RS Premier Jatinegara. Acara ini diisi oleh dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K) selaku dokter ahli bedah saraf yang berpraktek di RS Premier Jatinegara, setiap hari Senin, Rabu & Sabtu Pukul 15.00 WIB.

Struktur Tulang Belakang dan Penyebab Nyeri Tulang Belakang

Pada gathering ini, dokter Wismaji menyampaikan bahwa tulang belakang kita memiliki 33 ruas mulai dari leher hingga tulang ekor yang ditopang oleh ligamen dan otot.

Bentuknya seperti susunan cincin yang didalamnya terdapat sel saraf. Pada cincin tersebut terdapat bantalan yang memiliki kelenturan saat bergerak, dimana bantalan tersebut mudah rusak jika kita tidak menjaganya dengan baik, selain itu juga dapat mengalami nyeri tulang belakang mau pun saraf kejepit. Selain sebagai penopang tubuh, tulang belakang juga melindungi sel saraf dan sumsum tulang belakang.

Tulang belakang tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :
1. Tulang leher 7 ruas
2. Tulang punggung atas 12 ruas
3. Tulang punggung bawah 5 ruas
4. Tulang punggung diantara pinggul 5 ruas
5. Tulang ekor 4 ruas.

Nyeri tulang belakang bukanlah penyakit aneh atau penyakit yang harang terjadi. Nyeri tulang belakang ini banyak dialami oleh siapa saja, dan penyebabnya pun beragam. Karena tulang belakang memiliki fungsi yang banyak dalam gerakan tubuh, sehingga memiliki risiko cedera paling banyak.

Kerusakan pada tulang belakang biasanya terjadi karena ada tarikan, membawa beban, shock, posisi tubuh tidak tepat dll yang bisa menyebabkan nyeri tulang belakang. Selain itu, orang yang berusia lanjut juga lebih rentan memiliki resiko nyeri tulang belakang.

Nyeri tulang belakang bisa disebabkan oleh hal-hal berikut :
1. Posisi tubuh yang kurang benar
2. Tarikan otot
3. Gerakan yg dilakukan secara tiba-tiba
4. Kerusakan pada bantalan
5. Mengangkat beban berat tanpa adanya latihan
6. Olahraga tanpa pemanasan


"Sebenarnya nyeri tulang belakang bisa diatasi melalui program fisioterapi, obat-obatan (painkillers NSAID, Codeine), injeksi dibagian yang sakit hingga olahraga teratur. Berenang pun bisa menjadi pilihan karena mampu menjaga otot punggung". ujar dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K) 

Kemudian beliau juga menambahkan "Namun alangkah baiknya jika nyeri tulang belakang bisa dicegah dengan menjaga kesehatan tubuh dengan cara menjaga postur dan mengusahakan beban tulang belakang tidak terlalu berat. Selain itu menjaga berat badan ideal dengan cara mengatur pola makan dan olahraga yang teratur, kemudian tidak melakukan gerakan-gerakan aneh yang bisa mencederai tulang belakang."

Pengobatan Nyeri Tulang Belakang

Nyeri tulang belakang sebenarnya bukan hal asing lagi, tetapi jika tidak diobati dengan benar, ini akan menjadi masalah besar di kemudian hari.

Dr. Wismaji menyampaikan jika beberapa nyeri tulang belakang memang bisa obati melalui jalur alternatif, namun itu hanya mengatasi pada otot yang cedera. Jika nyeri tulang belakang masih dalam skala 1-3 atau masih dapat ditahan, di obati secara alternatif atau di pijat, namun jika nyeri sudah pada tahap skala 4 keatas atau nyeri yang sudah tidak tertahankan, disarankan untuk segera berobat ke dokter ahlinya untuk menghindari resiko lebih parah. Karena jika telat dalam penanganan, akan berpengaruh ke bagian tubuh yang lain seperti mengalami gangguan liver, sakit kandung kemih dan hingga infeksi serta pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

Ngomongin tentang carrier atau tas punggung yang sering saya pakai ketika travelling, tas punggung bisa menyebabkan nyeri tulang belakang. Namun perlu dicatat juga, tas punggung jauh lebih baik daripada tas cangklong karena tas cangklong hanya membebani separuh tubuh. Dimana jika ini dilakukan terus menerus bisa menimbulkan skoliosis, yaitu tulang belakang melengkung berbentuk seperti S. Tekanan ini juga bisa menyebabkan nyeri kronis di leher, bahu, punggung bahkan sakit kepala.

Obati Nyeri Tulang Belakang Melalui RS Premier Jatinegara

Nah itulah gambaran tentang nyeri tulang belakang berdasarkan penjabaran dari dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K) selaku dokter ahli bedah saraf. Jika nyeri pada tulang belakang mengalami gejala-gejala yang kurang nyaman dan terjadi terus-menerus, saya sarankan untuk segera berobat ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Saya sendiri merekomendasikan RS Premier Jatinegara untuk tempat berobat karena sebagai bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care, RS Premier Jatinegara senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pelayanan disemua bidang secara berkesinambungan. Provision dari mutu layanan kesehatan yang dijalankan oleh RS Premier Jatinegara tidak terbatas pada tenaga medis tetapi pada seluruh lini layanan kesehatan dan  pada seluruh lingkungan rumah sakit.

Selain pelayanan medis dasar, setiap rumah sakit di RS Premier Jatinegara memiliki beberapa layanan unggulan yang secara khusus ditangani oleh spesialis ahli dan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan. 

Layanan Unggulan RS Premier Jatinegara yaitu Neuro and Neuro Surgery, Cardiac and Cardiac Surgery, dan Digestive & Gastroenterology  Urology 

RS Premier Jatinegara memiliki pelayanan 24 jam mulai dari ambulance, Unit Gawat Darurat, laboratorium & bank darah, farmasi, radiologi, MSCT Scan, MRI 1.5 Tesla, hemodialisa, dan Kateterisasi Jantung / Primary PCI

Untuk yang ingin melakukan pendaftaran rawat jalan di RS Premier Jatinegara bisa melalui website di www.ramsaysimedarby.co.id / SMS Pendaftaran 08129777666 / WA 0811 1637 666


Lokasi RS Premier Jatinegara :
Jl. Raya Jatinegara Timur no.85-87 Jakarta 13310 - Indonesia.
Call centre : 1500 908
IGD & Ambulance Direct Line : 1500 907



Senin, 30 Desember 2019

Belakangan ini aku lagi nyicil perlengkapan musim dingin, mulai dari syal, earpuff, hingga jaket yang support hingga suhu minus. Dari semua perlengkapan, tinggal jaket doank nih yang belum. Maklum 2020 mau melancong ke LN rencananya. Yaa mudah-mudahan aja kesampean hihi.

Tapi selain untuk ke LN, aku cari jaket buat ke gunung juga, secara aku kan suka banget ke gunung, bahkan rasanya kangen aja gitu kalo udah lama ga ke gunung hehe. Mungkin kalian juga udah pada tau kalo gunung itu dingin banget. Bahkan di puncak musim kemarau, suhu malam hari di gunung bisa di bawah minus. Makanya aku mau upgrade jaket supaya ga kedinginan lagi kalo ke gunung.


Sebelumnya aku udah ada jaket musim dingin berbahan polar, tapi masih kurang hangat menurutku. Nah yang aku mau cari adalah jaket bahan bulu angsa (bulang). Dan setelah cari-cari informasi sana-sini aku nemuin tempat yang direkomendasiin oleh banyak orang, yaitu Mangga Dua Square.

Banyak Pilihan Jaket Musim Dingin Murah di Mangga Dua Square

Seperti yang udah aku bilang, aku mutusin cari jaket musim dingin di Mangga Dua Square karena banyak banget orang yang ngerekomendasiin tempat ini. Alasannya karena harga jaket disini tu murah-murah banget, terus ada banyak Factory Outlet (FO) dimana makin banyak FO, maka makin banyak pilihan jaket dengan harga bersaing.

Dan setelah aku kesana langsung, aku happy banget donkkk. Ada banyaaakkk banget pilihan jaket musim dingin dengan harga murah. Eitss walaupun harganya murah, barang yang dijual sama sekali ga murahan lohh. 


Ada berbagai pilihan jaket mulai dari cardigan, jaket parka, long coat, sweater, jaket dacron, jaket parasut, jaket polar, sampe ke jaket bulu angsa yang aku cari-cari juga ada. Mumpung disana, aku langsung menuju ke FO dan mulai hunting-hunting jaket musim dinginnya. 

Setelah ngubek-ngubek FO dan galau karena banyakk banget jaket bulang yang sesuai sama keinginan aku, ditambah warna-warna jaketnya yang cakep-cakep banget duhhhh, akhirnya pilihan aku jatuh ke jaket bulang warna pink hihi. Harganya ga kalah bikin aku kagettt, karena jaket bulang itu ternyata harganya cuma 300ribuan ajaaa.

Mangga Dua Square, Pusatnya Factory Outlet di Jakarta

Kenapa akhirnya mutusin untuk belanja di Mangga Dua Square? Karena ada 8 Factory Outlet disana, dimana FO udah dikenal banget sama barang-barang branded dengan harga murahnya. Jadi buat yang suka belanja di FO, kalian ga perlu lagi jauh-jauh belanja ke Bandung, karena di Jakarta juga udah ada.


8 Factory Outlet yang ada di Mangga Dua Square, yaitu :
1. DSE
2. Premier
3. Chois FO
4. Amira Factory Outlet
5. Fifth Avenue
6. RAJA FO
7. Super Bazaar
8. Publicity Factory Outlet

Jadi itulah guys cerita aku waktu cari-cari jaket musim dingin hingga memutuskan belanja di Mangga Dua Square. Semoga ulasan aku ini bisa jadi referensi kalian untuk mencari jaket musim dingin branded dengan harga murah di Jakarta yaa.

About Mangga Dua Square

Mangga Dua Square ini udah ada sejak 18 Juni 2005 dengan mengusung konsep trade mall. Sekarang Mangga Dua Square sedang membangun image baru sebagai factory outlet di Jakarta. Ada banyak komunitas yang dilibatkan untuk melakukan kegiatan disana seperti komunitas jepang Hidoru No Sekai, Komunitas Blogger, Komunitas Film, dll.

Lokasi Mangga Dua Square ini sangat strategis dan mudah diakses oleh transportasi umum seperti commuter line, transjakarta, hingga angkot. Lokasi ini juga sangat dekat dengan hotel-hotel berbintang dan daerah wisata, sehingga turis domestik maupun mancanegara bisa memanfaatkan waktunya yang singkat untuk wisata sekaligus belanja di Mangga Dua Square.

Rabu, 04 Desember 2019

Jakarta sudah menjadi ibukota yang padat, dimana susah sekali mendapatkan lahan kosong, terlebih tanah di kawasan yang sangat strategis. Hal ini membuat investasi tanah belum lumrah bagi generasi milenial, jika dibandingkan dengan investasi dalam hal yang lain.

Padahal investasi tanah sangat menjanjikan. Lihat saja betapa banyak encing-encing betawi yang menjadi kaya raya karena memiliki tanah yang dari tahun ke tahun meroket harganya.

Nah buat generasi milenial yang tertarik berinvestasi tanah di kawasan yang sangat strategis, kalian harus melirik lahan kavling yang berada tepat di jantungnya Pasar Minggu. 

Lahan kavling Pasar Minggu ini memiliki luas 2.105 M2, yang dibagi menjadi 6 kavling. Untuk legalitasnya tidak perlu diragukan lagi karena sudah bersertifikat SHM.

Tanah kavling Pasar Minggu ini akan menjadi investasi yang sangat menjanjikan. Mengapa sangat menjanjikan? Berikut alasannya :
  • Lokasinya yang sangat strategis.
  • Adanya layanan 24 jam. Mulai dari keamanan, kesehatan, pasar tradisional, dan transportasi
  • Permintaan yang sangat tinggi yang berbanding dengan minimnya lahan kosong di Jakarta membuat nilai tanah ini akan terus meroket.


Bicara mengenai lahannya yang sangat strategis, berikut penjelasannya :
  1. Stasiun kereta Pasar Minggu dengan jalur yang tersedia (tanpa transit) yaitu jalur Jakarta Kota - Bogor / Depok / Nambo, Jatinegara - Bogor/ Depok / Nambo dan sebaliknya.
  2. Terminal Pasar Minggu untuk layanan dalam dan luar kota. Untuk dalam kota disini tersedia metromini serta mikrolet, sedangkan untuk keluar kota tersedia bus-bus besar dengan berbagai pilihan bus.
  3. Bus Damri yang langsung menuju ke bandara.
  4. Transjakarta dan mikro trans
  5. Pasar tradisional yang sangat besar, dengan menyediakan mulai dari kebutuhan sehari-hari, peralatan dapur hingga peralatan keluarga.
  6. Pasar modern seperti Ramayana, Robinson, dan Mall Pejaten Village
  7. RSUD Jati Padang & RSUD Pasar Minggu
  8. Wisata keluarga Kebun Binatang Ragunan
  9. Keamanan terjaga karena sangat dekat sekali dengan Polsek Pasar Minggu

Itulah alasan mengapa tanah kavling Pasar Minggu ini sangat tepat untuk dijadikan investasi properti oleh generasi-generasi milenial. Karena jika kita bicara mengenai properti, ada 4 jenis properti yang sangat menguntungkan, yaitu :
  1. Properti hunian seperti bisnis koskosan atau apartment.
  2. Properti kantor seperti co-working space yang sekarang lagi musim-musimnya.
  3. Properti retail / perdagangan seperti bisnis pergudangan / storage.
  4. Properti perkantoran.

Bagaimana? Tanah ini sangat layak untuk diambil bukan? mengingat betapa menjanjikannya bisnis properti ini. Sebarkan informasi ini ke keluarga terdekat kalian, sebelum kehabisan.


Follow Kal di @kalenaefris