Hasil foto sebelum dan setelah dibersihkan. Sumber foto : Galeri Kalena Apakah kamu memiliki handphone dengan kamera yang buram, pada...

Tips Ampuh Menghilangkan Goresan Lensa Kamera Handphone untuk Hasil Foto yang Lebih Jernih

Maret 25, 2018 Kalena Efris 0 Comments

Hasil foto sebelum dan setelah dibersihkan.
Sumber foto : Galeri Kalena


Apakah kamu memiliki handphone dengan kamera yang buram, padahal handphone kamu memiliki resolusi kamera yang besar? Bisa jadi kamera handphonemu mengalami goresan di lensa sehingga sensor kamera gagal menangkap objek dengan baik.

Sebenarnya bukan masalah besar jika handphone tersebut bukan baterai tanam dan lensa kamera luar menempel di casing handphone. Untuk handphone-handphone yang bisa bongkar pasang casing belakang dengan mudah, kalian cukup membeli casing handphone yang baru. Berbeda penyelesaiannya jika handphone kamu merupakan baterai tanam dengan body handphone yang menyatu kuat dengan partisi yang lain.

Sumber foto : Google

Aku akan menceritakan pengalamanku saat lensa handphoneku baret-baret, dan bagaimana aku menyelesaikan masalah di handphone tersebut. Semoga saja yang aku ceritakan ini bermanfaat.

Saat aku ke Gunung Gede beberapa minggu yang lalu, hasil foto kamera handphoneku naudzubillah enggak banget. Awalnya aku kira karena basah terkena pias-pias air, mengingat saat itu hujan selama pendakian. Apalagi selama ngetrip, handphoneku sering banget tidak digunakan dalam keadaan kering dan bersih. Setelah ku cek tenyata ada banyak baretan di lingkar kamera.

Permasalahannya, handphoneku adalah handphone dengan baterai tanam. Aku pun searching di Google juga Youtube mencari tahu bagaimana cara menghilangkan baret-baret tersebut.

Dari hasil pencarian, banyak yang menyarankan untuk menggosok lensa dengan menggunakan pasta gigi dan cotton bud

"Gampang itu mah." Fikirku. Pasta gigi dan cotton bud mah selalu ada. Yaa kali begituan enggak ada.

Aku mengikuti petunjuk penggunaannya, yaitu cotton bud yang sudah diberi pasta gigi kemudian digosokkan ke lensa secara pelan-pelan memutar searah jarum jam.

Aku lakukan berkali-kali hingga gumoh, tetap saja lensanya tidak berubah. Besoknya aku coba lagi karena mungkin harus dilakukan rutin seperti minum obat, fikirku. Tapi tetap saja hasil kameranya tidak mengalami kemajuan, tetap buram-buram juga.

Saat itu aku berfikir jika memang tidak bisa di perbaiki, aku akan ke tempat service handphone meminta diganti bodynya dengan body yang baru. 

Tetapi itu pilihan terakhir. Aku terus mencari cara. Kalaupun gagal dan lensanya justru semakin rusak, toh akan tetap di ganti baru.

Hingga akhirnya di pencarianku yang entah ke berapa kali, aku menemukan solusi di forum diskusi Asus. Ada yang menyarankan menggunakan metal polish. Metal polish yang aku gunakan saat itu adalah Autosol karena di forum diskusi beberapa orang menggunakan produk tersebut.

Aku tidak jualan yaaa. Ini hanya pengalaman pribadi. Ada banyak metal polish yang beredar di pasaran.

Aku membeli metal polish di minimarket 24 jam. Kemudian aku coba gosokkan persis seperti menggosokan pasta gigi di lensa kamera. Aku juga menggosoknya pelan-pelan memutar searah jarum jam.

Metal polish yang aku gunakan berbentuk cream seperti pasta gigi. Hanya saja aromanya sedikit menyengat. Saat aku menggosokkan cotton bud ke lensa, cream yang semula berwarna putih mulai kusam ke abu-abuan pertanda begitu banyak kerak yang berhasil diangkat.

Setelah aku gosokkan metal polish tersebut berkali-kali, lensaku yang awalnya baret-baret menjadi mulus kembali. Yang semula di lensa seperti ada kerak menempel, sekarang sudah tidak ada lagi.

Dan setelah aku coba dengan tes foto, hasilnya foto-foto kembali jernih dan tajam. Tidak buram seperti saat sebelum dibersihkan menggunakan metal polish.


#30DWCJilid12
#30daywritingchallenge
#Squad10
#Day4

0 komentar: