Kamis, 10 Mei 2018

Ada Yosakoi, Shodo, Hingga Cosplay pada Perayaan Ulang Tahun AEON Mall BSD yang Ketiga

3rd Anniversary AEON Mall

Beberapa hari yang lalu, saya dan teman-teman blogger berkesempatan untuk menghadiri perayaan ulang tahun AEON Mall BSD City. Pusat perbelanjaan yang bernaung di bawah PT AMSL Indonesia ini tengah merayakan hari jadinya yang ke-3.

Mall yang mengusung konsep Jepang sejak awal berdiri ini semakin menyemarakkan suasana dengan mengusung konsep festival pasar malam Jepang, lengkap dengan dekorasi Yagura (Menara Bon Odori) dan lentera. Bon Odori adalah salah satu tarian rakyat yang popular di Jepang.


Yosakoi

Yosakoi merupakan seni tari khas kota Kochi dengan ciri khas gerakan tangan dan kaki yang dinamis. Tari ini berkembang sebagai bentuk modern tari musim panas Awa Odori.

Dalam festival musim panas di Jepang, salah satu tarian yang selalu hadir di setiap perayaannya adalah tarian Yosakoi. Pada perayaan ulang tahun ke-3, AEON Mall mengajak pengunjung untuk menari Yosakoi bersama-sama. Beruntung, saya bisa mencoba dan mempelajari langsung tarian Yosakoi tanpa harus pergi ke negaranya Nobita maupun Sinchan tersebut.

Saya dan beberapa rekan blogger mencoba langsung tarian Yosakoi dengan naruko di tangan

Pada tarian Yosakoi ini, saya memegang perkusi dari kayu yang disebut naruko ("naru" artinya bunyi, "ko" artinya kecil). Mulanya, naruko dipakai untuk mengusir burung-burung di sawah, namun sekarang naruko digunakan sebagai pelengkap tari.


Cosplay

AEON Mall juga mendatangkan Ying Tze. Bagi penggemar cosplay, pasti tidak asing dengan Ying Tze, cosplayer asal Malaysia yang memiliki 71.000 penggemar di fanpage Facebook dan sudah melanglang buana mengikuti ajang cosplay di berbagai negara.

AEON Mall mendatangkan Ying Tze, cosplayer asal Malaysia

Pada ulang tahun AEON Mall, Ying Tze menggunakan costum Emilia Re : Zero. Ternyata fansnya Ying Tze di Indonesia banyak banget loh. Ini terbukti dari antrian untuk mendapatkan tanda tangan dan foto bersama Ying Tze. Polah fans juga menarik. Ada yang mengantri membawa foto Ying Tze, bantal, hingga mengenakan costum cosplay.

Jessica, salah satu penggemar Ying Tze

Salah satu cosplayer yang mengantri untuk mendapatkan foto dan tanda tangan adalah Jessica. Saat itu Jessica mengantri sambil mengenakan tokoh kartun Kotori Minami.


Shodo

Shodo merupakan bentuk kaligrafi Jepang. Kali ini AEON Mall lagi dan lagi menghadirkan orang spesial, yaitu Nachu. Nachu merupakan seorang international artist, salah satu mantan personil SDN48 (sister group dari AKB48 dan JKT48). Yang akan saya ceritakan bukan tentang SDN48, tetapi tentang keahlian shodo yang ia miliki.

Nachu menunjukkan keahliannya dengan melukis shodo di sebuah kertas berukuran 5 meter menggunakan kuas shodo besar yang sudah disiapkan oleh panitia.



Arti kaligrafi yg ia tulis dalam kanvas panjang tersebut adalah ungkapan rasa terima kasih yg sangat mendalam yg tidak bisa dihapuskan oleh hujan.

Yang mengajar shodo harus seorang profesional, tidak boleh diajarkan oleh sembarang orang. Saya merasa beruntung karena Nachu adalah pemegang profesional shodo license yang kemudian mengajarkan kami shodo secara langsung.

Saya dan teman-teman blogger belajar shodo secara langsung

Yang susah dari shodo adalah membuat balance antara kanvas dan tinta. Dalam menulis shodo , Nachu menginfokan bahwa tidak boleh menimpa tulisan dua kali. Hal tersebut tentu membuat kami harus teliti dan mengira-ngira sebelum kuas menyentuh kanvas.

Setelah menulis shodo selesai, Nachu melihat dan memberi penilaian satu persatu pada shodo yang kami buat. Saat Nachu melihat hasil shodo saya, ia mengatakan jika di Jepang, untuk shodo yang saya buat sudah membuat saya naik kelas. Kemudian ia bahkan menanyai apakah saya sudah pernah mencoba shodo sebelumnya. Saya jawab belum, karena memang belum pernah. Saya mencoba shodo perdana di AEON Mall tersebut.

Shodo by Me


AEON Mall Banjir Diskon
Selain rangkaian keseruan tersebut, AEON Mall juga akan menyemarakkan ulang tahun ke-3 dengan "Spesial Sale", diskon hingga 70% di lebih dari 60 tenant yang hanya berlangsung selama periode 28 April - 13 Mei 2018.

Tidak hanya itu, ada tambahan benefit berupa cashback sampai dengan Rp.225.000 dengan minimal belanja Rp.600.000 dalam program "Shopping Vaganza". Jadi selama periode AEON Mall BSD City 3rd Anniversary tersebut, AEON Mall tidak hanya menghadirkan banyak hiburan terbaik namun juga program belanja yang menarik.

Ayo berkunjung ke AEON Mall, dan nikmati banjir diskonnya.

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Semangat kali ada diskon ya kak 😁. Cuss ke AEON kak, mumpung lagi diskon gede-gedean

      Hapus
  2. Shodonya keren!
    Instruktir shodonya Inul dr Jepang pula 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yohaaa Inul yang ini spesial Den wkwkwk

      Hapus

Follow Kal di @kalenaefris