Jumat, 29 November 2019

Pentingnya Melakukan Vaksin Influenza Sebelum Traveling

Siapa yang disini belum pernah ngerasain flu? Aku yakin pada udah pernah flu, bersin, pilek, dan saudara sebangsa dan setanah airnya itu muehehe. Flu itu sebenernya merupakan penyakit umum yang bisa dialami oleh semua umur. Ga peduli kamu masih muda, masih muda banget kayak aku, atau orangtua berjiwa muda, pokoknya kalo virus ini udah mampir mau gimana lagi. Apalagi buat orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah, ini bisa menyebabkan kematian. Duuhhh gusti.

Aku termasuk orang yang dalam kesehariannya jarang terkena flu (alhamdulillah). Temen-temen aku pada bilang kalo daya tahan tubuh aku termasuk baik, hati doank yang enggak. Lanjut curhat ga nih? Eiyak fokus yaaa? Hahaha

Tapi ternyata belakangan ini daya tahan tubuh aku suka menurun pas traveling, apalagi kalo ke gunung atau tempet-tempet dingin, pasti dah itu blush on berasa dipoles-poles sampe ke hidung saking meronanya warna hidungku. Monmaap itu teman-teman yang bilang daya tahan tubuhku kuat ini nyenengin hati aku doank atau gimana ini? 😂


Biasanya saat traveling aku selalu bawa P3K wajib, termasuk salah satunya obat flu. Aku sebelumnya belum tau tuh kalo ternyata ada vaksinasi flu untuk memperkuat daya imun tubuh supaya terhindar dari flu. Pas diinfoin ini aku berasa malu sendiri huhuhu, karena merasa udah lama traveling tapi baru tau vaksinasi flu. Selama ini aku tinggal di bumi kan?

Influenza Sangat Mudah Menyebar

Saking seringnya menemukan teman yang mengalami flu, aku suka cuek-cuek aja. Dan ternyata rasa cuek aku itu salah! Karena saat seseorang bersin, 20.000 droplet dilepaskan di udara dimana ini bisa menular hingga jarak 1,8 m.

Bahkan kadang kalo ada yang flu tangan aku langsung refleks buat ngibas-ngibasin tangan untuk ngusir virus-virus flu itu. Padahal virus flu itu bisa bertahan hingga 48 jam dan tetap bisa menularkan. Selain itu airborne juga bisa membuat virus influenca meningkat hingga 4x lipat pada ruangan tertutup. Aku auto ngebayangin mobil, kereta, pesawat, dan kapal pesiar donk guys 

Selain ruangan tertutup, influenza ini juga bersirkulasi sdpanjang tahun, yaitu di daerah tropis yang akan meningkat pada musim hujan, dan di daerah 4 musim akan akan meningkat pada musim gugur dan musim dingin.


Pentingnya Melakukan Vaksinasi Flu

Bagi aku yang sering banget melakukan perjalanan jauh, infeksi flu bisa berdampak drastis pada kesuksesan liburan atau perjalanan. Bahkan untuk perjalanan professional seperti atlit atau artis, virus influenza ini tentu akan sangat mengganggu mereka.

Biasanya kalo lagi flu, ada 4 tahapan yang aku lakuin, yaitu :
  1. Menutup hidup dan mulut saat batuk dan bersin. Tapi menutup hidup bukan menggunakan telapak tangan telanjang yaaa guys, karena itu hanya membuat virus berpindah dari mulut ke tangan.
  2. Langsung membuang tissue yang sudah dipakai ke tempat sampah
  3. Langsung mencuci tangan dengan sabun, atau bisa juga menggunakan handrub berbasis alkohol
  4. Menggunakan masker bila harus bepergian supaya virus flu tidak menyebar.

Itulah 4 tahapan yang aku lakuin kalo kadung udah ketularan virus flu. Tapi untuk mencegah virus influenza, kita bisa melakukan vaksinasi flu setiap tahun. Keuntungan jika melalukan vaksinasi flu adalah :
  1. Membantu mencegah terkena flu 
  2. Membuat flu tidak menyebar ke orang lain
  3. Membuat flu lebih ringan jika terkena flu
  4. Mencegah komplikasi seperti pneumonia

Nah kalo untuk traveler gimana? Traveler bisa menyesuaikan jenis vaksin influenza dengan daerah mana yang akan dikunjungi. Vaksin flu ini bisa dilalukan minimal 2 minggu sebelum pemberangkatan ya guys, supaya perjalanan kamu ga terganggu oleh flu. Harganya juga terjangkau banget kok, yaitu hanya 350.000 untuk yang lengkap.

Jadi, sudahkah kamu siap untuk melawan flu saat liburan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris